Monday, August 2, 2010

Tablet PC Termurah dari India Harga Hanya 300 Ribuan

Pemerintah India telah meluncurkan prototipe sebuah laptop layar sentuh seperti iPad, dengan harga hanya $ 35 (£ 23) atau 315 ribuan rupiah, yang berharap untuk dibuat tahun depan. Tablet ini ditujukan untuk siswa di mana tablet ini mendukung web browsing, konferensi video dan word processing, kata pengembang.  Menteri Pengembangan Sumber Daya Manusia India Kapil Sibal mengatakan sedang mencari produsen untuk membuat gadget ini, yang dikembangkan oleh perguruan tinggi teknologi informasi top India. Namun ternyata rencana sebelumnya laptop murah dari menteri yang sama pun pupus.

Perangkat yang dipertunjukkan pada hari Kamis kemarin ini tidak memiliki hard disk, hanya menggunakan kartu memori sebagai gantinya, seperti ponsel, dan bisa berjalan pada tenaga surya.
Mr Sibal mengatakan tablet India ini akan menjalankan sistem operasi Linux, yang diperkirakan akan diperkenalkan kepada lembaga-lembaga pendidikan tinggi tahun depan.  Rencana ke depannya adalah penurunan harga  menjadi $ 20 dan akhirnya menjadi $ 10, ia menambahkan.
Tahun lalu, salah satu pejabat kementerian itu mengumumkan akan meluncurkan sebuah laptop $ 10, yang memicu ketertarikan media di seluruh dunia.  Tapi ada kekecewaan setelah “Sakshat” nama perangkat tersebut yang ternyata hanya menjadi sebuah prototipe dari perangkat genggam, dengan harga tidak ditentukan, dan akhirnya tidak pernah terwujud.
Beberapa produsen global, termasuk setidaknya satu dari Taiwan, telah menyatakan minatnya untuk membuat perangkat, katanya, meskipun tidak ada kesepakatan yang telah disepakati, dan dia menolak menyebutkan nama perusahaan.
Proyek ini merupakan bagian dari inisiatif pemerintah yang juga bertujuan untuk memperluas broadband untuk semua 25.000 India perguruan tinggi dan 500 universitas.  Pada tahun 2005, Massachusetts Institute of Technology (MIT) meluncurkan prototype laptop $ 100 untuk anak-anak di negara berkembang, meskipun akhirnya seharga sekitar dua kali lipat harga.
Pada bulan Mei, Nicholas Negroponte – dari MIT Media Lab – mengumumkan rencana untuk mengembangkan sebuah komputer tablet dengan harga sebesar $ 99 melalui kerjasama nirlaba-nya, One Laptop per Child. (sumber)

0 comments:

Search