Friday, June 4, 2010

remastering ubuntu menggunakan UCK

Remastering saat ini telah menjadi trend di dalam dunia open source. Ubuntu merupakan salah satu distro yang mudah untuk di remaster. Jika anda mencari artikel terkait di google maka akan muncul banyak pilihan. Kali ini saya akan membahas remastering Ubuntu Menggunakan UCK. Sebagai referensi anda dapat melihat artikel di UGOS.

KEBUTUHAN SISTEM:

1. Minimal 5-7 GB free space;

2. Minimal 512 MB RAM dan 1 GB swap (recommended);

3. Paket UCK (dapat didownload di http://uck.sourceforge.net/). Membutuhkan beberapa dependensi terkait remastering.

4. Sebuah Ubuntu kernel dengan dukungan squashfs (Ubuntu 7.04 atau yang terbaru);

5. QEMU/KVM, VirtualBox atau VMware untuk testing (optional).

PROSES

Pertama, pastikan anda sudah meng-install tool yang dibutuhkan;

$ sudo dpkg -i uck_2.0.10-0ubuntu1_all.deb

atau anda bisa men-double click paket yang telah anda download.

Setelah melakukan proses instalasi maka icon UCK akan muncul pada menu“System Tools”

screenshot

Klik icon tersebut maka untuk menggunakan UCK maka akan muncul tampilan sbb:



Klik tombol Close pada kotak dialog untuk memulai proses.

Selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk pemilihan bahasa yang akan diinputkan ke dalam distro nantinya. Anda dapat memilih lebih dari 1 bahasa untuk dimasukkan ke dalam distro anda. Kemudian klik OK.



Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang meminta anda untuk memilih bahasa yang akan anda gunakan ketika proses booting live cd anda. Kemudian klik OK.



Selanjutnya akan muncul pemilihan jenis desktop yang akan diinstall pada distro anda. Ada 3 pilihan, KDE, Gnome dan Others. Untuk saat ini kita memilih Gnome sebagai desktop environment.



Selanjutnya kita akan diminta untuk memilih file iso (file image) dari disto yang akan kita remastering.



Lalu kita akan diminta untuk mengetikkan nama dari distro kita nantinya.



Selanjutnya akan muncul konfirmasi, apakah kita ingin mengkostumasi secara manual selama proses berlangsung. Pilihan “yes” sangat dianjurkan karena kita akan mengkostum desktop dan menambah aplikasi lainnya.

Selanjutnya muncul lagi konfirmasi, apakah kita akan menghapus paket wubi dll, yang terkait pada proses instalasi ubuntu di dalam sistem operasi lainnya.

Kemudian akan muncul kotak dialog yang berisikan sistem siap membangun distro anda. Anda cukup menekan tombol “Close” untuk memulai proses remastering. Maka akan ada terminal yang melakukan proses mounting data.



Selanjutnya akan muncul kotak dialog berikut.



Jika kita memilih “Run package manager” maka synaptic akan terbuka dan kita dapat melakukan add/remove aplikasi dari synaptic ini.



Jika anda “Run console application” maka akan terbuka sebuah terminal yang telah di chroot sehingga kita dapat melakukan kostumisasi, menambah aplikasi, menghapus aplikasi, mengubah tampilan desktop dll dari terminal/console ini. Penggunaan pilihan ini sangat dianjurkan untuk remastering.



Jika anda memilih “Continue building” maka proses building sebuah distro akan dilanjutkan. Jika anda tidak dalam keadaan online maka proses akan terhenti karena ada packet yang akan di download oleh UCK. Oleh karena itu sebaiknya remastering dilakukan ketika anda terhubung dengan internet.

Setelah anda memilih “Continue building” maka anda tinggal menunggu proses selesai dan anda dapat mencoba distro anda setelah proses building selesai.



TESTING CD

Hasil dari UCK dapat anda temuakan di direktori tmp/remaster-new-files/ dengan nama file livecd.iso

Test menggunakan Qemu emulator

$ qemu -cdrom livecd.iso -boot d -m 512

Anda juga dapat testing mengganakan Virtualbox


BURNING IMAGE FILE KE CD

$ cdrecord dev=/dev/cdrom livecd.iso

Atau anda dapat menggunakan brasero.

CATATAN (PENTING UNTUK DIPERHATIKAN)

*

Anda harus menginstall UBUNTU terlebih dahulu untuk melakukan proses remastering.
*

UCK merupakan tools untuk remastering yang bersifat online. Anda harus mempunyai koneksi internet jika menggunakan metode ini.
*

Untuk melakukan proses perubahan desktop anda harus masuk ke menu “Run console application” untuk melakukan perubahan desktop secara manual.
*

Untuk cara perubahan desktop telah dibahas diartikel sebelumnya anda tinggal menyocokkannya dan membandingkan dengan artikel sebelumnya.
*

File ini bersifat Open Source. Anda dapat mengkopi dan menyebarkan file ini, anda juga dapat merevisi jika ada kesalahan.

SEMANGAT BUAT PCE0905 !! ^ ^ . .

kalo coba, pasti bisa. .
BANYAK BACA, BANYAK TAU, BANYAK COBA, BANYAK BISA.
HAJAR TUBES SISOP :)

1 comments:

Abrar said...

ok riz mantafff :D

Search