Friday, June 4, 2010

remastering ubuntu 9.10 menggunakan remastersys

cara membuat custom live dvd menggunakan menu Dist, yaitu menu untuk membuat copy Ubuntu 9.10 kita menjadi file *.ISO dan bisa kita bagikan pada teman-teman kita. Kali ini, langkah yang akan kita ambil cukup singkat, karena kita tidak akan menghapus atau membuang file yang tidak perlu. Yang akan kita copy adalah system dari Ubuntu kita.

Berikut ini langkah yang akan kita lakukan:

1. Buka menu Remastersys melalui menu, sistem, administrations, Remastersys.
2. Pilih menu Dist pada pilihan menu pada Remastersys

Menu Remastersys
3. Setelah anda klik OK, maka akan muncul jendela baru. Klik OK dan proses backup akan berjalan selama beberapa menit.

Hasil dari custom live dvd yang berbentuk file *.ISO bisa anda copy atau burn di folder home, remastersys, remastersys. Sebagai catatan, perbedaan antara backup dengan dist, adalah file yang akan dicopy pada custom live dvd anda tidak menyertakan user lama. Sehingga, saat anda melakukan instalasi Ubuntu menggunakan custom live dvd yang telah anda buat, maka tampilan yang tampil adalah tampilan default Ubuntu 9.10 Karmic Koala. Selain itu, karena tidak menyertakan setting dari user lama, maka tidak akan terjadi error saat login ke Ubuntu. Jika menggunakan menu Backup, settingan dan juga user lama akan terbawa sehingga jika anda membuat user baru, akan terjadi error karena settingan default Ubuntu 9.10 Karmic Koala yang kita backup masih terseting pada user lama. Hal inilah yang saya alami saat mencoba menginstal custom live dvd menggunakan Virtual Box. Hasilnya, saya tidak dapat login ke Ubuntu karena terjadi crash pada settingan user. Hal ini tidak terjadi lagi saat saya menginstal custom live dvd hasil dari Dist pada komputer saya. Ubuntu 9.10 Karmic Koala hasil backup dari Notebook Lenovo saya, bisa lancar saya gunakan di komputer saya.

Perbedaan antara custom live dvd dengan live cd asli Ubuntu adalah, hasil update dan juga penambahan aplikasi, theme, atau game yang ada pada Ubuntu 9.10 Karmic Koala yang dibackup, bisa digunakan secara lancar setelah anda melakukan instalasi menggunakan custom live dvd. Maka, bagi anda yang beerniat mengajarkan Ubuntu 9.10 Karmic koala pada sahabat, teman, atau saudara, tapi koneksi internet sangat lambat, sehingga tidak dapat update Ubuntu, maka anda bisa menggunakan cara ini.

Jika para pengguna Linux, khususnya Ubuntu yang masih pemula bisa menikmati Ubuntu yang sudah terupdate, maka akan tumbuh semangat untuk mempelajarinya lebih dalam. Semoga saja tips ini bisa berguna bagi anda.

semangat buat PCE0905 ^^ . klo dicoba, pasti BISA !!

0 comments:

Search