Thursday, May 20, 2010

Senjata baru Intel

Senjata baru Intel berikutnya yang akan muncul dan bertanding di arena processor server adalah Westmere-EX, diciptakan untuk bersaing dengan processor server 12 core milik AMD, dan AMD Bulldozer yang akan dirilis pada masa mendatang. Dalam sebuah pidato webcast, Stephen Smith, seorang vice president/director PC client operations, mengumumkan akan adanya sebuah "refresh" dari processor Nehalem-EX mendatang. Nehalem-EX saat ini tersedia di bawah merek Xeon 6500/7500 yang telah diperkenalkan pada bulan Maret lalu. Mempunyai core hingga 8 core dan 16 thread pada fabrication 45nm, dan merupakan prosesor Intel tercepat pada saat ini.

Namun, berbeda dengan Nehalem-EX, Westmere-EX akan menggunakan fabrication 32nm, yang memungkinkan kecepatan clock core yang lebih tinggi dan lebih cepat dibandingkan dengan Nehalem-EX dalam power envelope yang sama.



Smith mengatakan bahwa Westmere-EX (Expandable Server) akan ditargetkan pada server dengan sockets sebanyak empat atau lebih. Intel Westmere-EP (Efficient Performance) telah dirilis pada bulan Maret, yang ditujukan pada satu dan dua sistem socket sampai dengan enam core masing-masing di bawah merek Xeon 5600.

Jumlah core dan core speed dari Westmere-EX tidak diungkapkan dalam pidato tersebut. Prosesor baru ini akan bekerja pada socket yang sama dengan Nehalem-EX. Belum ada pengumuman tanggal rilis yang tepat saat ini. Smith mengatakan, "Kami baru saja meluncurkan Nehalem-EX, dan platform ini biasanya memiliki ... lifetime dua tahun plus. Kami sedang dalam tahap pengembangan dan kami yakin bahwa kami memiliki produk yang akan memberi kita kinerja yang lebih hebat. Prosesor baru ini akan masuk ke dalam socket yang sama, jadi ide-nya adalah platform merupakan investasi yang telah dibuat oleh OEM ".

Meskipun prosesor Nehalem-EX tersedia hingga 8 cores/16 thread, merupakan spekulasi penuh untuk jumlah core di Westmere-EX. AMD telah mengumumkan pelepasan produk core 16, 32nm untuk tahun depan yang bercodename Interlagos. Intel akan memerlukan Westmere-EX dengan 12 core/24thread untuk tetap bersaing dengan AMD.

0 comments:

Search