Wednesday, January 27, 2010

Intel Vs AMD

Intel V AMD

pastinya semua orang sudah tahu processor Intel . . dan tidak banyak orang yang mengetahui processor AMD. tidak heran memang. . intel dengan pangsa pasar yang hampir 70% bisa mendominasi konsumen dunia, ditambah lagi dengan promosi secara besar-besaran di media televisi maupun media kertas . . Perlu diketahui, intel adalah produsen processor pertama didunia. tapi yang pertama bukan selalu yang terbaik. apalagi yang termurah. hehe.
kita lanjut dah ke processor yang sering "dipandang sebelah mata ini". . kalo intel mah dah pada tau pastinya . . yup . . AMD (advanced Micro Devices) . . <<< mahluk apa itu kk? hehe ^^ slow kk . . santai kayak di pantai . . AMD itu produsen processor satu-satunya pesaing intel . . tapi bukan berarti produsen processor cuma intel ama AMD aja. dulu ada produsen processor yang namanya Cyrix. tapi karena kurangnya "budget" n tenaga ahli, tinggal AMD dan Intel lah yang bertahan merajai dunia processor . . oooowwwwhhh . . ^^ slow. . jgn owwhowwh dulu. .
sapa yg tau AMD? 5 dari 10 orang tau AMD . . dikit ya? emang dikit. tapi liat 5 orang itu sapa.
1. Overclocker
2. Gamers enthusiast
3. 3D animator
4. Perusahaan besar di Iran
5. pakar IT ( mudah-mudahan saya menyusul. amiin ^^)
nah . . orang yang tau AMD kebanyakan kalangan Power User. bukan User pada umumnya. . kalo temen-temen tau struktur processor intel dan AMD, pasti deh, pindah kelain hati ^^ hehe.

gini gan . . intel punya teknologi yang namanya HyperThreading . . wuih . . .mahluk apalagi itu? slow . . HT ini fungsinya menambah processor logika di OS . jadi, OS bakal ngebaca ada 2 processor . . yang aslinya cuma 1 . . fungsinya apa donk? jelas ini berfungsi untuk mengatasi masalah yang paling dan terus menerus di taklukan setiap saat. yaitu "Bandwith". intel mengklaim, teknologi HT dapat meningkatkan kinerja sistem sebesar 40%. . tapi itu teori. faktanya tidaklah 40%. beberapa penguji (hardware tester) mendapatkan bahwa kinerja hanya naik 20% saja? loh ko begitu?? kenapa itu bisa terjadi?? kaleeem gan . . alat elektronik pasti bersaudara dengan yang namanya panas. . dimana ada alat elektronik, disitu ada panas. hukum dasar fisika la. . energi yg dikeluarkan pasti mengahasilkan panas. komponen yang bekerja tidak akan selalu dingin. semakin banyak proses yang dilakukan, semakin panas pula komponen.

udah ah tentang intel . . sekarang lanjut ke AMD oke? okelaklobegbeggitu . .
nah processor yang satu ini, punya teknologi yang berbeda dengan intel. namanya HyperTransport . . fungsinya supaya g terjadi bottleneck pada saat antar jemput data. . processor ujung tombak AMD sekarang ini yaitu PHENOM 2 . . wew, dari namanya aja dah PHENOM . . Phenom di buat oleh AMD untuk menandingi pesaingnya yaitu intel Core i7. memang seh core i7 adalah processor tercepat saat ini. tapi tradisi dari taun ke taun neh ya . . AMD ama Intel selalu tukar posisi rebutan tahta "the most powerfull processor". sekarang boleh la intel core i7 menang di kancah dunia processor. tapi tidak menutup kemungkinan AMD merebut juara 1 "lagi" . . sekarang kita bandingin yu Core i7 ama AMD Phenom 2. dilihat dari jumlah core, i7 berjumlah 4 core, amd phenom juga sama 4 core. dilihat dari kecepatan FSB, intel lebih unggul dengan 1366 dibanding AMD yang hanya 1066mhz. sekarang kita "adu lari" mereka . . dari score bencmark processor, intel jelas menang 8% diatas AMD, tapi, saat memainkan game, AMD bisa mengimbangi intel . . sekarang kita lihat harga proci ini . . core i7 berkisar antara $200 dolar lebih . . sedangkan AMD berkisar antara &140 dolar . . terlihat dari sini perbedaan harga yang lumayan jauh . . wuiiiihh jauh kemana kk? kemana aja boleeee. . . hehe ^^.
kira-kira, dengan performa yang hanya terpaut 8% dari intel, tapi dengan perbedaan harga yang lumayan jauh, temen-temen bakal milih intel atau AMD? . . kalo saya pribadi, jelas-jelas pilih AMD <<< wah ketauan neh AMD'er . ^^ hehe. tapi, jika dana bukanlah masalah bagi anda, pastinya anda memilih intel . . tapi buat kita-kita yang belum sukses neh ( nanti juga sukses. amiin ) bolehla kita pilih AMD, buang jauh2 mitos kalo AMD panas . . sekian dulu artikel dari saya . . sok atu kalo ada yang mau bertanya . . (fariz)

0 comments:

Search