Friday, January 29, 2010

Apple iPAD


baru-baru ini perusahaan yang terkenal dengan logo apel nya yaitu APPLE, mengeluarkan produk bernama iPAD . . apa itu iPAD? dari spesifikasi dan preview yang ada di website apple, kayaknya iPAD ditujukan untuk pengguna yang ingin "always mobile" yang udah bosen liat layar hape yang segede buku telepon mini. . tampaknya produsen netbook n digital newspaper harus waspada. bukan karna bakal ada gempa tektonik. tapi karna apple iPAD yang elegan dan powerfull sebagai perangkat mobile. bentuknya yang sangat tipis, koneksi 3gs untuk ke internet, wifi , dan segudang aplikasi pendukung seperti browser, word processing, YM, dan masih banyak lagi. uniknya, iPAD menggunakan sistem operasi , artinya, kita bisa install software selagi software itu kompatibel. oiya, anda ga butuh Mouse atau keyboard, karna iPAD ini touchscreen. .

dengan teknologi touchscreen, iPAD semakin mobile aja. tapi dengan touchscreen, apakah semua software kompatibel dengan touchscreen? untuk sekarang, belum gan. belum semua . tapi tidak menutup kemungkinan kalo nanti iPAD ini sukses di pasaran, akan banyak developer software untuk iPAD ini. mau tau harganya? iPAD cantik ini harganya mulai dari $500 dolar. . wew. buat yang punya duit, tahan dulu,karena apple belum meluncurkan produk iPAD nya ke pasaran. sabar ya . . ^^ ( aku juga pengen beli . hehe ) . (fariz)

Wednesday, January 27, 2010

Intel Vs AMD

Intel V AMD

pastinya semua orang sudah tahu processor Intel . . dan tidak banyak orang yang mengetahui processor AMD. tidak heran memang. . intel dengan pangsa pasar yang hampir 70% bisa mendominasi konsumen dunia, ditambah lagi dengan promosi secara besar-besaran di media televisi maupun media kertas . . Perlu diketahui, intel adalah produsen processor pertama didunia. tapi yang pertama bukan selalu yang terbaik. apalagi yang termurah. hehe.
kita lanjut dah ke processor yang sering "dipandang sebelah mata ini". . kalo intel mah dah pada tau pastinya . . yup . . AMD (advanced Micro Devices) . . <<< mahluk apa itu kk? hehe ^^ slow kk . . santai kayak di pantai . . AMD itu produsen processor satu-satunya pesaing intel . . tapi bukan berarti produsen processor cuma intel ama AMD aja. dulu ada produsen processor yang namanya Cyrix. tapi karena kurangnya "budget" n tenaga ahli, tinggal AMD dan Intel lah yang bertahan merajai dunia processor . . oooowwwwhhh . . ^^ slow. . jgn owwhowwh dulu. .
sapa yg tau AMD? 5 dari 10 orang tau AMD . . dikit ya? emang dikit. tapi liat 5 orang itu sapa.
1. Overclocker
2. Gamers enthusiast
3. 3D animator
4. Perusahaan besar di Iran
5. pakar IT ( mudah-mudahan saya menyusul. amiin ^^)
nah . . orang yang tau AMD kebanyakan kalangan Power User. bukan User pada umumnya. . kalo temen-temen tau struktur processor intel dan AMD, pasti deh, pindah kelain hati ^^ hehe.

gini gan . . intel punya teknologi yang namanya HyperThreading . . wuih . . .mahluk apalagi itu? slow . . HT ini fungsinya menambah processor logika di OS . jadi, OS bakal ngebaca ada 2 processor . . yang aslinya cuma 1 . . fungsinya apa donk? jelas ini berfungsi untuk mengatasi masalah yang paling dan terus menerus di taklukan setiap saat. yaitu "Bandwith". intel mengklaim, teknologi HT dapat meningkatkan kinerja sistem sebesar 40%. . tapi itu teori. faktanya tidaklah 40%. beberapa penguji (hardware tester) mendapatkan bahwa kinerja hanya naik 20% saja? loh ko begitu?? kenapa itu bisa terjadi?? kaleeem gan . . alat elektronik pasti bersaudara dengan yang namanya panas. . dimana ada alat elektronik, disitu ada panas. hukum dasar fisika la. . energi yg dikeluarkan pasti mengahasilkan panas. komponen yang bekerja tidak akan selalu dingin. semakin banyak proses yang dilakukan, semakin panas pula komponen.

udah ah tentang intel . . sekarang lanjut ke AMD oke? okelaklobegbeggitu . .
nah processor yang satu ini, punya teknologi yang berbeda dengan intel. namanya HyperTransport . . fungsinya supaya g terjadi bottleneck pada saat antar jemput data. . processor ujung tombak AMD sekarang ini yaitu PHENOM 2 . . wew, dari namanya aja dah PHENOM . . Phenom di buat oleh AMD untuk menandingi pesaingnya yaitu intel Core i7. memang seh core i7 adalah processor tercepat saat ini. tapi tradisi dari taun ke taun neh ya . . AMD ama Intel selalu tukar posisi rebutan tahta "the most powerfull processor". sekarang boleh la intel core i7 menang di kancah dunia processor. tapi tidak menutup kemungkinan AMD merebut juara 1 "lagi" . . sekarang kita bandingin yu Core i7 ama AMD Phenom 2. dilihat dari jumlah core, i7 berjumlah 4 core, amd phenom juga sama 4 core. dilihat dari kecepatan FSB, intel lebih unggul dengan 1366 dibanding AMD yang hanya 1066mhz. sekarang kita "adu lari" mereka . . dari score bencmark processor, intel jelas menang 8% diatas AMD, tapi, saat memainkan game, AMD bisa mengimbangi intel . . sekarang kita lihat harga proci ini . . core i7 berkisar antara $200 dolar lebih . . sedangkan AMD berkisar antara &140 dolar . . terlihat dari sini perbedaan harga yang lumayan jauh . . wuiiiihh jauh kemana kk? kemana aja boleeee. . . hehe ^^.
kira-kira, dengan performa yang hanya terpaut 8% dari intel, tapi dengan perbedaan harga yang lumayan jauh, temen-temen bakal milih intel atau AMD? . . kalo saya pribadi, jelas-jelas pilih AMD <<< wah ketauan neh AMD'er . ^^ hehe. tapi, jika dana bukanlah masalah bagi anda, pastinya anda memilih intel . . tapi buat kita-kita yang belum sukses neh ( nanti juga sukses. amiin ) bolehla kita pilih AMD, buang jauh2 mitos kalo AMD panas . . sekian dulu artikel dari saya . . sok atu kalo ada yang mau bertanya . . (fariz)

Saturday, January 2, 2010

Eking M5 MID / UMPC Windows dengan Keyboard QWERTY Slider dan Layar 5 Inci

M5 Eking MID (mobile internet device) slider pertama kali diperkenalkan sekitar sebulan lalu, dan sekarang perangkat komputer kecil ini telah tiba di pasar China. Satu fitur paling menarik dari MID ini adalah keyboard QWERTY slide samping. Perangkat ini merupakan MID atau UMPC (Ultra mobile PC) dengan OS Windows yang mendukung Windows xp/Vista/7, dengan tiga versi untuk konektivitas jaringan yaitu WCDMA, EVDO, TD-SWCDMA.

Desain keseluruhan juga menarik, sedikit seperti konsol game PSP. M5 Eking menggunakan prosesor Intel ATOM Z515 1.2GHz, layar 5 inci 1024 * 600 touchscreen dengan dukungan multi-touch, memori 1GB RAM, penyimpanan 16GB SSD, 3.5mm headphone jack, WI-FI dan konektivitas 3G, dan baterai 2600 mAh dengan diduga 3 waktu jam kerja, dengan berat 438g dan dimensi 178mm * 85mm * 26.5mm. Semua spesifikasi ini cukup bagus, tapi harga terhitung mahal, yaitu 5388 Yuan (sekitar $ 792 USD).

Search