Monday, October 5, 2009

Mozilla firefox VS Safari

Mozilla FireFox 3.5 VS Safari 4
Saya rasa sebagian besar pengguna internet sudah mengenal browser yang berlambang rubah ini. Siapa yang tidak tahu Mozilla firefox? Browser kedua dengan pengguna terbanyak setelah browser bawaan Microsoft windows Internet Explorer. Tapi, mungkin hanya sedikit dari anda yang mengenal browser bawaan apple ini, yaitu Safari yang berlambang kompas.
Kali ini kita akan membandingkan antara Mozilla firefox dengan safari.

Mozilla firefox
Saat program pertama di jalankan, tampilannya tidak ada yang istimewa, dan butuh waktu beberapa detik agar Mozilla tampil dan siap digunakan. Tidak terlalu ringkas, karena ada berbagai icon-icon default, dan tombol back forward tampil dengan ukuran mendominasi. Menu bar tidak di buat ringkas, semuanya tampil di menu bar. Jika kita mengklik new tab, maka tab baru tersebut akan muncul setelah tab terakhir. Agak merepotkan jika ada banyak tab. Alangkah nyamannya jika tab baru muncul si samping tab yang sedang aktif. Saatnya mencoba kecepatan browser, kita coba dengan mengunjungi situs yahoo.com. dan setelah beberapa detik, situs baru terbuka semua.
Oouupps, ternyata satu tab ada yang crash. Tapi untungnya hanya tab itu saja yang tertutup, tab-tab yang lain tidak ikut tertutup. Mozilla firefox mempunyai fitur restore. Sehingga jika kita tidak sengaja menutup Mozilla firefox, atau tiba-tiba listrik padam dan komputer mati, kita bisa merestore halaman-halman web yang tadi tertutup. Tidak ada yang istimewa untuk fitur download.

Safari
Langsung saja kita buka. Daaan . . . . . program terbuka dengan cepat, tampilannya pun dibuat ringkas. Tidak ada menu bar yang ‘berserakan’ semuanya terkumpul di bagian kanan layar. Saat pertama membuka browser ini, terlihat gambar situs-situs yang sering kita kunjungi atau pun situs yang terakhir dikunjungi, tampilannya di desain 3 dimensi dan tampak animasi halus yang ciamik ketika kita mengarahkan kursor ke salah satu kotak berisi gambar situs yang sering dikunjungi. Tanpa lama-lama lagi, kita coba seberapa cepat dia menampilkan halaman situs secara penuh. Kita tidak usah mengetikkan Yahoo.com, karena safari sudah menyediakan alamat-alamat website yang paling populer di dunia seperti yahoo, google, dan Wikipedia. Kita klik di yahoo!. Dan, wush, safari lebih cepat menampilkan halaman situs daripada Mozilla. Kita coba apa yang bisa di lakukan safari jika salah satu tab crash, daaaaan, ternyata semua tab sekaligus safari mati total. Kita harus secara paksa menutup program, tapi untungnya ada fitur restore. Agak mengesalkan memang, kalo dalam bahasa sunda , ini disebut jibeh (paeh hiji, paeh kabeh).

Kesimpulan
Mengapa safari bisa lebih cepat daripada Mozilla? Dari informasi di internet, safari bisa begitu cepat menampilkan halaman situs, karena keamanan yang tidak begitu ketat. Sedangkan Mozilla firefox, keamanannya lebih baik dari safari. Mau yang cepat tapi keamanan tidak terjamin? Pakailah safari, tapi jika keamanan yang anda prioritaskan, pakailah Mozilla firefox. (fariz)

0 comments:

Search